CeritaGeo #3: Geograf Muda Mendunia

Mengenal Geograf Muda

Gammada Adhny El Zamzamy Latief atau yang kerap disapa Gamma, merupakan salah satu mahasiswa baru Program Studi Geografi Lingkungan angkatan 2021. Walaupun masih mahasiswa baru, ia sudah lama berkecimpung dalam dunia geografi. Berbagai perlombaan dan olimpiade-olimpiade bergengsi telah ia ikuti. Tidak sedikit prestasi telah berhasil ia peroleh

Perjalanan

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Gamma sudah memiliki ketertarikan pada Mata Pelajaran IPS.  Dari ketertarikannya tersebut, ia mulai antusias mengikuti berbagai perlombaan dan olimpiade. Gamma kemudian memutuskan untuk fokus ke bidang ilmugeografi. Salah satu alasan ia memilih ilmu geografi karena ia lebih menyukai hal-hal berbau alam. Setelah lulus SMA, Gamma memutuskan untuk melanjutkan studinya di Fakultas Geografi UGM. Telah sampai ke jenjang perguruan tinggi tidak menghentikan dirinya untuk mengikuti perlombaan. Berbagai perlombaan terus ia ikuti hingga pada akhirnya berhasil lolos menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam International Geography Olimpiade (iGeo) 2021.

Prestasi

Berbagai prestasi sudah berhasil ia dapatkan selama mengikuti perlombaan-perlombaan geografi, mulai dari tingkat regional, nasional, hingga internasional. Beberapa contoh prestasi yang berhasil ia peroleh yaitu medali emas pada OSN Geografi tingkat nasional, medali perunggu pada Olgenas 2020, medali perak pada Olgenas 2021, juara 2 lomba Poster Kelompok Geografi pada iGeo 2021 dan medali perak pada iGeo 2021 dengan peringkat 39 sedunia. Berbagai prestasi tersebut tentunya dapat ia peroleh dengan penuh ketekunan dan perjuangan.

Tips Belajar

Gamma merupakan sosok pelajar yang sangat tekun dan konsisten dalam belajar. Menurutnya, setiap orang perlu menentukan target dan jadwal belajarnya. Gamma sendiri memiliki target belajar sekitar 8-16 jam dalam satu hari. Namun, semua itu harus tetap disesuaikan dengan kemampuan setiap orang. Gamma menyarankan agar kita tetap dapat menyisihkan waktu untuk beristirahat dan refreshing, “main game boleh kalau udah bosen, tapi belajarnya harus tetep di push sampe bates capeknya,” ujarnya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.