Cerita Geo #1: 33 Tahun Mengabdi di Fakultas Geografi

Familiar

Hampir seluruh mahasiswa di Fakultas Geografi pasti tidak ada yang tidak mengenal Bapak Sucipto. Beliau adalah seorang yang telah mengabdi di fakultas kita tercinta yang sering membantu melancarkan kegiatan akademik di fakultas. Selain itu, bagi mahasiswa, beliau sering dikenal sebagai informan terkait segala urusan teknis perkuliahan.

Bapak Sucipto atau yang lebih sering disapa Pak Cipto adalah seorang tenaga kependidikan yang sering kita jumpai di Fakultas Geografi. Bagaimana perjalanan karir beliau selama merintis karir?

Perjalanan

Berawal dari lulusan SLTA yang mendaftar CPNS, kemudian diterima sebagai pegawai honorer. Bapak Sucipto memulai profesi sebagai pegawai lingkungandi Fakultas Geografi pada tahun 1988. Beliau mendapatkan status CPNS pada tahun 1990 dan diangkat menjadi PNS pada tahun 1991. Melalui berbagai rintangan pekerjaan mulai dari pegawai lingkungan, penjaga malam, pembantu pelaksana, pengantar surat, pembantu perpustakaan, sekretariat jurusan, hingga staff administrasi. Fakultas Geografi yang menjadi profesinya hingga saat ini.

Pebabdian

Tiga puluh tiga tahun bukanlah waktu yang singkat dalam cerita perjalanan karir Pak Cipto. Beliau selalu memberikan yang terbaik selama mengabdi di Fakultas Geografi. Perjalanan karir yang dimulai dari seorang pegawai lingkungan sampai menjadi staff akademik merupakan saksi perjalanan karirnya di Fakultas Geografi. Suka duka dalam menempuh karir juga telah ia lewati selama bertahun-tahun. Berbagai apresiasi dan penghargaan telah beliau raih dalam perjalanan karirnya. Kesabaran dan ketulusan merupakan kunci utama dalam menjalankan segala tanggung jawabnya.

Apresiasi yang Didapat

Pengabdiannya telah mendapatkan banyak pujian dan apresiasi dari berbagai pihak. Penghargaan perunggu Satya Lencana dari presiden telah berhasil beliau raih pada tahun 2013 sebagai bentuk apresiasi pengabdian karir selama 10 tahun. Selanjutnya, pada tahun 2020 beliau berhasil mendapatkan penghargaan perak dari presiden sebagai bentuk apresiasi dari pihak universitas. Tidak hanya itu, beliau juga menjadi “Tenaga Didik Teladan” karena ketetapan waktu beliau dalam menjalankan tanggung jawabnya. Berbagai penghargaan yang telah beliau raih tidak serta mudah untuk didapatkan.

Harapan

Bapak Sucipto menaruh beberapa harapan kepada segenap keluarga besar Fakultas Geografi.

Pak Cipto berharap Fakultas Geografi menjadi semakin jaya, semakin kuat, memiliki fasilitas yang semakin baik, tenaga-tenaga pendidiknya semakin sejahtera, dan banyak harapan positif lain untuk Fakultas Geografi tercinta. teruntuk mahasiswa Fakultas Geografi, Pak Cipto berpesan untuk memegang teguh kejujuran dan tetap semangat untuk belajar. Menjunjung tinggi kebersamaan, dapat dilakukan dengan belajar bersama dan saling menjelaskan, tidak ada salahnya berbagi ilmu sekaligus beramal.

Fun Fact

Terdapat beberapa funfact versi Bapak Sucipto selama beliau berkesimpung di Fakultas Geografi sebagai berikut:

  • Walau telah mengabdi selama 33 tahun, beliau pernah merasa takut saat bertugas di bangunan lama Fakultas Geografi yang dulunya merupakan bangunan Fakultas Kedokteran Hewan karena sering bekerja sendiri dan mendengar gonggongan anjing
  • Beliau sudah hafal dengan kebiasaan oknum mahasiswa yang suka memalsukan tanda tangan presensi kehadiran. Wah, jangan dicontoh ya gengs! :))

Leave a comment

Your email address will not be published.