Memulai Copywriting Untuk Menemui Kesuksesan di Dunia Digital

Hallo Geografella!!

Pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana cara Google memilih artikel dan berita untuk ditampilkan di laman pencaharian?

Bagaimana cara Google menyajikan artikel sesuai dengan apa yang kita ketik di kolom pencaharian?

Atau bagaimana bisa merk Apple mendapat citra eksklusif dan berkualitas sekaligus diketahui banyak orang tanpa harus mempromosikannya secara besar-besaran??

Semua jawaban dari pertanyaan di atas adalah Copywriting.

Copywriting merupakan sebuah teknik pemasaran yang bisa membujuk pengguna untuk melakukan apa yang diinginkan.

Copywriting dahulu hanya digunakan untuk menjangkau manusia, tetapi sekarang copywriting telah digunakan untuk menyesuaikan bahasa-bahasa yang ada di internet melalui algoritma internet.

Apa saja jenis copywriting?

  • Direct response

Meminta response pengguna untuk mencoba menemukan caranya sendiri dengan melakukan aksi yang diinginkan

  • Marketing

Menyorot kelebihan, menggunakan hierarki teks, dan menggunakan slogan-slogan untuk menarik pasar pengguna, ataupun target

  • Brand

Membentuk eksistensi tersendiri agar orang-orang tau produk yang dimiliki sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk promosi

  • SEO

Mempromosikan produk secara tidak langsung dengan mengarahkan copywriting untuk masuk ke algoritma internet yang tepat sehingga dapat muncul di laman-laman yang memiliki potensi besar untuk dilihat orang

  • Technical

Memberikan edukasi atau pemahaman kepada pembaca tentang produk yang ditawarkan secara mendalam

Kemudian, hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam copywriting?

  • Mempelajari produk atau layanan yang ditawarkan
  • Memahami kebutuhan pembaca/audiens
  • Menentukan headline dan lead yang menarik
  • Menulis copy yang berkualitas
  • Mengakhiri dengan kalimat persuasi

Copywriting sangat diperlukan dalam mempromosikan suatu produk atau layanan agar dapat menarik minat pembaca untuk membeli, mengenakan, atau melakukan suatu tindakan yang diinginkan oleh para copywriter.

 

Narasumber: Nabhan Mudrik A.

Ditulis oleh: Kementerian Hubungan Luar dan Kerjasama Alumni 

Leave a comment

Your email address will not be published.